
Pelayanan Pendidikan
Potensi diri merupakan kemampuan dasar yang masih terselubung dan harus dikembangkan dalam diri siswa. Dengan potensinya, manusia akan mampu mempelajari empat puluh bahasa, menghafal ensiklopedi yang berjilid-jilid dan mampu menyelesaikan perkuliahan di beberapa perguruan tinggi tanpa kesulitan sedikitpun jika ia mampu memaksa otaknya untuk bekerja separuh dari kapasitasnya. Namun sayang, pada umumnya manusia hanya memanfaatkan 10 persen dari potensi yang dimilikinya (Abraham Maslow). Praktik pengembangan potensi siswa di sekolah hingga saat ini pada umumnya lebih terfokus pada dua kelompok kecil di sekolah yaitu kelompok berkemampuan tinggi dan rendah. Sedangkan kelompok rata-rata yang jumlahnya lebih banyak kurang mendapat pengembangan secara baik. Dengan praktik pengembangan semacam ini, sebenarnya dunia pendidikan telah melepas kesempatan untuk mendapatkan output pendidikan yang lebih berkualitas.
0 Comments